Cara Memperbaiki Charger Hp yang Rusak

Cara Mudah Memperbaiki Charger Hp yang Rusak
Tidak semua charger Handphone itu murah harganya, Jika Charger HP KW mungkin saja Harganya murah, Tapi bila charger HP Bawaan Smartphone atau istilahnya charger Original sudah niscaya harganya sanggup meraih ratusan ribu rupiah. Apakah Jika charger Ori anda rusak eksklusif anda buang dan beli yang baru, istilahnya Lembiru ( Lempar Beli Baru ) bila duit anda banyak sih gak masalah, namun masalahnya bagaimana bila duit anda pas - pasan dan charger HP anda Rusak, hmmm solusinya niscaya anda beli yang KW, kan harganya murah, Tapi apakah charger KW itu kondusif untuk di gunakan, baik untuk keamanan perangkat HP anda atau untuk keamanan diri anda sendiri, lantaran biasanya charger KW itu rentan mempunyai permasalahan hingga menyebabkan konsleting arus listrik, hal ini pastinya sangatlah berbahaya.
 
Charger HP original seringkali gres di gunakan bertahun-tahun sudah rusak, bahkan ada yang cuma bertahan beberapa bulan saja sudah tidak sanggup di pakai untuk mengisi baterai HP anda. Mungkin lantaran aspek kesalahan penggunaan atau mungkin juga cacat produksi, namanya juga barang - barang electronik, kita gak tahu kapan rusaknya. Tetapi dengan Belajar Memperbaik Sendiri Charger HP yang rusak anda tidak perlu kalut lagi kapan Charger anda rusak dan tidak sanggup di pakai untuk mengecharge HP anda.
 
Selain ekonomis ongkos anda juga sudah ikut serta menyelamatkan Lingkungan dari pencemaran Limbah Electronik, syukur - syukur malah jadi side job anda jadi tukang service charger rusak, kan tidak mengecewakan duit imbalan jasa servicenya sanggup buat beli HP gres lagi nanti, Nah Gimana, apakah anda kesengsem mencobanya ? Gak sulit kok, yuk di simak guys ! mari kita ketahui part - part yang biasanya sering rusak pada charger HP tersebut !

Bagaimana cara memperbaiki charger hp yang rusak?



Ada 2 keadaan Tanda Kerusakan pada Charger HP kita yakni :

1. Kondisi Charger Matot ( Mati Total )

2. Kondisi Charger Putus Nyambung ( Kadang Hidup dan Kadang Mati )

Kedua perkara ini, sanggup kita atasi dengan cara yang mau kita diskusikan di bawah ini :

Sebelum mulai menuntut ilmu Benerin Charger HP anda yang rusak, untuk membuka pengetahuan anda wacana bagaimana cara memperbaiki charger HP yang Rusak dengan mudah, silahkan anda simak salah satu cuplikan video panduan bagaimana cara betulin Charger HP yang rusak serta menganalisa belahan - bagainnya dengan teliti ! selamat menyimak !



Sebagian Besar Produk Charger Original mempunyai Komponen atau belahan yang menertibkan dan menangkal terjadinya over charges yang sanggup menghancurkan Handphone anda, Untuk itu lebih baik anda perbaiki charger Ori anda yang rusak atau berbelanja yang ori lagi di bandingkan mengambil resiko dengan menganti charger anda dengan yang KW.

Cara perbaiki charger hp rusak

Ada Beberapa Langkah yang sanggup anda lakukan sebelum menentukan bahwa charger ori anda tidak sanggup di betulin lagi, lantaran kebanyakan kerusakan pada charger Original itu cuma sederhana dan gampang sekali di perbaiki tanpa mengeluarkan ongkos yang besar, diantaranya yakni 3 hal berikut ini :

1. Kabel Charger isinya Terputus
2. Port Konector Pada charger kotor atau berkarat - Port yang kotor atau berkarat akan membuat konektifitas arus listrik tidak masuk dengan lancar.
3. Terdapat beberapa pin konector bengkok atau yang patah
4. Jalur pada PCB yang Pecah dan Terputus, Mungkin lantaran Charger HP anda pernah di Kebanting

Jika keempat hal tersebut yang menjadi penyebab charger Ori anda tidak sanggup di pakai untuk mengecharge HP anda lantaran charger kehilangan daya untuk mengisi baterai HP anda, maka solusinya ya lebih baik sih Betulin sendiri saja ! sayang bila mesti di Lembiru, Gampak kok guys !

Cara mudah memperbaiki charger hp yang rusak dengan mudah

Yuk di cek Dulu Charger HP nya sebelum di Bongkar !
  1. Pastikan ada arus listrik PLN Pada stopkontak dan tegangannya normal, bila dicek dengan multi tester / avo meter teganganya akan berkisar di 200-220 Volt AC
  2. Coba  deh ganti dahulu kabel datanya dengan kabel data lainnya dan pastikan masih berfungsi dengan baik, jangan hingga kita bongkar kepala chargernya namun ternyata yang rusak cuman kabel datanya.
  3. Pastikan bila Kepala Charger emang gak rusak dengan cara mengubah kepala charger yang lain, bila diganti kepala charger lain yang wajar masih belum sanggup mengisi juga kemungkinan besar kerusakan terjadi pada port charger di dalam hp anda atau pada komponen pengisiannya. Kalau demikian anda mesti ke tukan service HP. Karena Emang bukan chargernya yang rusak !

Kalau udah di cek dan ternyata masalahnya bukan ke tiga hal di atas maka, Langkah Berikutnya secepatnya siapkan alat - alat untuk mengusut dan memperbaiki charger Ori anda yang rusak, yakni :

1. Obeng Min, atau Pisau cuter yang tebal untuk mencungkil casing charger
2. Multi Tester / avo meter untuk menganalisa ajaran atau jalur PCB dan casing yang terputus
3. Gunting
4. Solder + Timah Patri
5. isolasi
6. Pinset untuk mecapit belahan yang kecil dan membersihkan port konectornya

Setelah alat - alatnya siap, kini kita mulai membongkar casing chargernya ya guys, seumpama terlihat pada gambar di bawah ini :
  1. Pertama bongkar dulu  cahing charger hpnya  dengan tunjangan alat pencongkel, sanggup pakai obeng min atau pakai ujung cutter yang agak besar dan tebal, mudah-mudahan lemnya sedikit menyusut daya rekatnya, kita mampu meneteskan minyak kayu putih di celah tutup casingnya mudah-mudahan lebih gampang dicungkil. 
  2. Setelah sukses dibongkar, langkap selanjutnya yakni mengusut pada belahan port outputnya atau belahan usb kepala charger apakah ada jalur yang putus atau ada solderan yang lepas dan kurang kencang. Kalau ada secepatnya solder lagi dan perbaiki belahan yang lepas tersebut.  bila tidak ada, sekalian periksa jalur PCB nya dengan avo meter apakah ada jalur yang putus lantaran pecah pcb nya. bila tidak ada anda sanggup teruskan ke poin no.3
  3. Perhatikan fisik dari komponen-komponen charger tersebut apakah ada yang gosong terbakar atau kapasitor yang menggelembung, Pada biasanya kerusakan adaptor charger ada pada belahan transistor, kapasitor (elco), diode, dan resistor, Biasanya chargernya meletus namun anda gak tahu, nah bila gak ada yang gosong sanggup di cek dengan multitester atau avo meter, Jika ada yang gosong dan rusak maka tinggal ganti saja komponen yang rusak tersebut, dengan yang masih bagus, komponennya sanggup cari di online umpamanya bisa  --> klik di ---> SINI
  4. Kalau Komponen yang hangus atau Gosong sudah di ganti namun masih sama saja, chargernya gak sanggup ngecas memiliki arti ada komponen belahan regulator atau ic yang mengalami kerusakan, bila belahan ini yang rusak, anda juga sanggup beli komponennya di toko suku cadang terdekat atau sanggup cari di toko online umpamanya bisa  --> klik di ---> SINI
Kalau urusan mengubah Komponen yang rusak sebenarnya bila mau ekonomis sanggup kanibal dari charger HP rusak yang lain, biasanya di tukang loak banyak.

Cara mencegah charger hp gampang rusak

Sebelum Charger anda Rusak Total Sebaiknya Jika sudah ada Tanda - Tandanya Charger Anda Mau Rusak, secepatnya di betulin, Berikut ini Beberapa Tanda Kalau Charger anda sudah mau Rusak

Daya Pengisianya  Mulai Lama : Charger yang mempunyai tanda tanda dengan pengisianya yang mulai lambat atau lemod, biasanya terdapat komponen yang konsleting ringan, tanda – tanda  seumpama ini juga sanggup pula disebabkan lantaran beberapa hal di berikut ini :

a. Jenis Steker Chargernya Salah Pada Saat Beli HP baru.
b. Kabel charger yang terlalu berantakan.
c. Charging dengan suhu yang tidak optimal.
d. Terdapat banyak bubuk yang menghasilkan arus listrik tidak terhubung sempurna.


Colokan Pada Outputnya bila dipegang Agak Nyetrum : Kejadian seumpama ini biasanya terjadi pada isolator adaptornya bocor dan terjadi konsleting pada groundnya

Arus yang keluar dari Port USB Charger Putus Nyambung : hal Ini terjadi lantaran adanya konsleting pada output colokan carger yang terhubung kekonektor HP, penyebabnya lantaran sering memakai HP di saat sedang proses charging berlangsung, akhirnya colokan output panas dan timahnya meleleh.


Cara Mudah Memperbaiki Charger Hp yang Rusak


Setelah di Bongkar casing kepala Chargernya dan betulin komponen yang rusak, kini tinggal pasang kembali cashingnya, pastikan belahan mesin charger masuk ke cashingnya dengan tepat dan rapatkan dengan lem mudah-mudahan tidak masuk air dan debu.

Selain chager HP Samsung Ori, charger HP Merek lain seumpama Oppo, Vivo, xiaomi dan lain - lain juga sanggup di betulin dengan prinsip kerja dan cara yang serupa seumpama di atas tadi. Demikian cara memperbaiki charger hp yang rusak yang bisa kalian praktekkan dirumah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel