Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Cara mempercepat koneksi WiFi. Kecepatan Wifi yang cepat yaitu merupakan kepuasan tersendiri bagi kita yang sering berselancar di dunia maya. Tapi adakala kecepatan wifi dirumah agak melambat atau biasa disebut "lemot".

Namun Anda sanggup tidak perlu terlalu panik kalau koneksi WiFi di rumah mendadak terhambat. Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mengecek router yang Anda gunakan. Pasalnya, mulai dari posisi hingga pengaturan router ini akan besar lengan berkuasa pada kuat atau tidaknya sinyal WiFi.

Cara mempercepat koneksi WIFI :

1. Cek posisi router

Mengecek posisi router ini terkesan hal yang sepele, padahal efeknya sanggup besar. Router bekerja mengirimkan sinyal ke semua arah. Karena itu, sebaiknya letakkan router di bab tengah ruangan.

Bila router diletakkan di bersahabat jendela, maka ada sinyal wifi yang dikirimkan ke luar. Ini akan menciptakan WiFi tersebut sia-sia dan tidak menjangkau seluruh bab ruangan.

2. Jangan diletakkan di lantai

Jangan letakkan router di lantai, Letakkan router di daerah yang tinggi, contohnya meja atau lemari. Posisi yang lebih tinggi akan menguntungkan alasannya yaitu router dirancang untuk mengirimkan sinyal ke bawah. alasannya yaitu lantai mengandung materi semen, beton dan logam yang sulit ditembus oleh sinyal WiFi.

3. Letakkan router di daerah khusus

Sinyal WiFi akan terpancar lebih kuat di dalam ruangan daerah Anda menyimpan router tersebut. Atas dasar itu, sebaiknya Anda meletakkanrouter tersebut dalam ruangan yang sering Anda tempati ketika memakai internet.

4. Pilih daerah terbuka
Sebaiknya jangan meletakkan router di antara mebel berukuran besar dan dinding, atau di dalam lemari. Pilihlah posisi yang bebas himpitan serta menciptakan router tersebut sanggup terlihat dari manapun.

5. Jauhkan dari elektronik lain

Jauhkan router dari microwave, telepon nirkabel, serta TV. Perangkat apapun yang menghasilkan sinyal elektromagnetik sanggup mengganggu dan melemahkan kinerja sinyal WiFi.

6. Atur antena biar berdiri

Atur biar antena router berada di posisi vertikal. Posisi ini akan menciptakan sinyal terpancar secara horizontal sehingga sinyal WiFi akan lebih gampang menjangkau seluruh bab ruangan.

7. Periksa kekuatan snyal

Ada sejumlah aplikasi, menyerupai Cloudcheck atau Amped yang sanggup dipakai untuk keperluan ini. Saat mengecek sinyal, Anda sanggup memetakan bab mana yang mendapatkan sinyal kuat dan mana yang mendapatkan sinyal lemah.

8. Aturlah piranti lunak router

Anda juga sanggup mempercepat koneksi WiFi dengan memasukkan pengaturan tertentu pada piranti lunak router. Akses menuju piranti lunak ini sanggup dibuka melalui IP khusus. Anda sanggup mengeceknya pada bab bawah router atau pada panduan yang disertakan dalam boksnya.

Setelah masuk ke dalam sajian pengaturan, ubahlah channel frekuensirouter tersebut. Biasanya ada 14 channel yang sanggup dipilih. Channelterbaik biasanya yaitu 1, 6, dan 11. Channel tersebut cenderung minim gangguan alasannya yaitu jarang bersinggungan dengan channel yang dipakai orang lain.

Selain pengaturan channel, cek juga pemutakhiran firmware. Biasanya pembuat router akan mengeluarkan pemutakhiran firmware untuk memperbaiki kinerja perangkatnya.

9. Lakukan speed test

Lakukan speed test untuk mengetahui letak duduk kasus koneksi Anda. Pertama cobalah melakukannya dengan koneksi WiFi, kemudian lakukan hal serupa memakai koneksi kabel. Jika keduanya sama-sama buruk, berarti duduk kasus ada pada penyedia layanan internet Anda.

10. Beli router yang gres

Ini yaitu jalan terakhir. Bila semua sudah dicoba dan Anda sudah memastikan duduk kasus tidak berasal dari penyedia layanan internet, segera belilah router baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel