Cara Menghasilkan Alat Penguat Sinyal Internet Sederhana

Di Indonesia kecepatan Internet Masih menjadi kendala, utamanya bagi kita yang tinggal di pelosok tempat dan jauh dari jangkauan Menara BTS, sekalipun akrab dengan menara BTS pun, kerap kali kita masih rebutan sinyal dengan sesama pengguna jaringan tersebut, Katanya sih rata-rata kecepatan internet di Indonesia untuk jaringan mobile rata-rata sudah memiliki kecepatan Hampir 10 Mbps. Kecepatan segitu harusnya sudah cukup baik untuk mengases halaman web dan mendukung acara browsing, walau pun bila di bandingkan dengan negara tetangga kecepatan Internet di indonesia sudah jauh tertinggal, tetapi kenyataannya kecepatan rata - rata 10 Mbps itu cuma sanggup di nikmati oleh segelintir orang saja, utamanya bagi yang dapat beli kuota internet harga mahal, buat yang gak bisa beli kuota internet premium, mohon maaf, anda mesti sering - sering gigit jari, Namun Bukanlah generasi jaman now bila kita mengalah dengan kondisi dan realita tersebut, damai saja, masih banyak jalan menuju Internet Cepat dan tetap murah meriah, dengan kreatifitas yang kita miliki, Wajan Bolong atau Tutup Panci Penyok Punya emak di Dapur Pun bisa kita pakai untuk mendapat sinyal Internet yang lebih besar lengan berkuasa dan stabil. Mau Tau gimana cara bikin Alat Penguat Sinyal Internet Sederhana dengan Wajan Emak ? mari simak postingan ini hingga selesai.


Perlu kita pahami, alat yang mau kita buat merupakan cuma selaku fasilitas untuk mendapat sinyal jaringan Internet yang lebih kuat, konsepnya merupakan menjajal mendapatkan sinyal internet yang lewat di atas rumah kita, dan membuatkan kembali kedalam rumah sehingga memberi fasilitas bagi perangkat ponsel pandai ataupun modem kita untuk menangkap sinyal internet yang lemah dan jauh dari jangkauannya. Sebelum kita memulai, mari kita ketahui dahulu beberpa referensi produk penguat sinyal internet, baik itu penguat sinyal 3G, 4G hingga dengan penguat sinyal wifi yang banyak di jual di pasaran, konsepnya alat penguat sinyal yang mau kita buat sendiri ini nyaris sama dengan yang di jual di pasaran, Intinya bila bisa bikin yang murah semarak kenapa mesti beli yang mahal ! untuk membuka pengetahuan anda wacana aneka jenis penguat sinyal yang di jual di pasaran, kalian bisa simak sejenak informasinya dengan cara  klik di ---> SINI



Sebelum kita mengawali antisipasi untuk bikin Alat Penguat Sinyal Internet Sederhana yang lazim kita kenal dengan istilah Wajanbolic, dan untuk membuka pengetahuan kita, maka ada baiknya disimak apalagi dahulu salah satu video tutorialnya yang digarap oleh anak - anak bangsa super inovatif generasi, selamat menyimak :








Alat Penguat Sinyal Internet Sederhana yang mau kita buat ini merupakan antena dengan metode Induksi, sehingga leih efektif dan gak ribet menyambungkan kabel ke perangkat gadget kita, walaupun sederhana, tetapi kwalitas sinyal yang di tangkap cukup besar lengan berkuasa di bandingkan dengan antena yagi dan omni yang banyak di jual di pasaran. Mari kita menimba ilmu menjadikannya !


Bahan - Bahan Yang di Butuhkan Untuk bikin Alat Penguat Sinyal Internet Sederhana
1 Buah Baskom stainless bekas yang sudah bolong, atau Panci emak yang udah gak terpakai, atau benda dapur sejenisnya yang berupa setengah lingkaran
( Untuk Hemat Budget usahakan anda pakai barang – barang bekas )
15 Sm Pipa diameter 3" ( bisa cari di tukang loak )
2 Buah Dop pipa ukuran 3inci
I buah Konektor
15 Meter Kabel Coaxial atau sesuai keperluan
1 tube Lem besi ( beli yang paling kecil kemasannya )
1 buah Bracket 1 ( biasa cari sisa potong di bengkel las )
2 Pasang Mur dan bautnya ( ukurannya boleh seadanya )


Alat - alat Yang di Perlukan Untuk bikin Alat Penguat Sinyal Internet Sederhana

1 Buah Pisau Cutter Yang Masih Tajam
Bor Listrik / Bor Manual ( Bisa Pinjam Punya Temen )
Gergaji Besi ( Bisa Beli di Toko Besi atau Pinjam Tetangga Punya )
Obeng
Tang / Geget
Tool’s  yang lain sesuai kebutuhan



Proses Membuat Alat Penguat Sinyal Internet Sederhana




Langkah Pertama merupakan buat 2 buah lubang seukuran baut yang anda punya sempurna berada di bawah bejana atau panci bekas yang kalian temukan, agar nantinya bisa buat memadukan antara bab Dop dan Bracket besinya, bila jarak antara lubang sekitar cukup 7 centimeter saja ya guy’s ! untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar denah di bawah ini :





Langkah selanjutnya merupakan memasang baut Dop pipa bab bawah serta bracketnya dan kemudian lubangilah bab pipa sempurna di tengah seukuran konektor kabel coaxial, untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar di bawah ini :





Setalah Pipa Terpasang di Lingkaran Tengah Baskom, maka selanjutnya kita kupas kabelnya dan sisakan kawat serta serabutnya, buat kupsan panjang kawat sekitar 2,5 centimeter saja, dan sisakan isolasi kawatnya sekitar 0,5 cm sebelum dimasukkan kedalam konektor.

Setelah itu gres deh Pasang kabel dan konektor, dengan cara masukkan ke lubang pipa tadi dan lem menggunakan lem besi mudah-mudahan gak lepas

Sejauh ini proses pengolahan alat penguat sinyal Internet sudah nyaris selesai, langkah selanjutnya yakni memasang pipa pada dop bab bawah, kemudian di beri lem juga mudah-mudahan lebih besar lengan berkuasa dan bila seluruhnya sudah siap gres deh tutup lubangnya dengan menggunakan dop pipa yang satu lagi.

Proses selanjutnya merupakan bikin bab kabel induksi untuk nantinya kita tempelkan pada body modem atau smarphone android.


Jika alat penguat sinyal internetnya semua sudah selesai, langkah terakhir merupakan menjalankan uji coba dengan cara memasang wajanbolic yang kita buat tadi pada tiang bambu yang panjang dan kemudian naikkan setinggi – tingginya, kemudian tempelkan kawat induksi pada modem dan atau smarphone anda.

Kalau untuk dipasang pada Hape Android, cukup ditempelkan saja bab kawat induksinya ke bab belakang casing HP nya atau akrab dengan antena peserta sinyal di hape anda.


-->  BERIKUTNYA ->


Jika anda mengharapkan daya tangkap sinyal Internet yang lebih kuat, kita bisa buat antena Yagi sendiri dengan barang - barang bekas di sekeliling kita, berikut cara menjadikannya :






Kita akan coba cara memperkuat sinyal modem atau ponsel pandai dengan antena yagi bikinan kita sendiri, sinyal yang mau kita tangkap merupakan pada Frekwensi 1900 Mhz.

RUMUS MENGHITUNG PANJANG FISIK SEBUAH ANTENA

Untuk bikin antena Penangkap Gelombang atau sinyal kita perlu mengerti rumus parameter sebuag antena mudah-mudahan sesuai dengan fungsi yang di inginkan, seumpama yang kita ketahui bahwa prinsip dasar antena merupakan mentransfer energi RF yang dihasilkan oleh suatu pemancar radio, ketempat lain pada jarak tertentu. Energi yang dipancarkan itu dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Selama diradiasikan, gelombang bergerak lewat ruang, dan sebagian gelombang tersebut diserap oleh antena radio penerima, dan ketika suatu tegangan diinduksikan ke antena penerima, besar lengan berkuasa lemahnya tegangan tersebut tergantung dari intensitas gelombang yang dipancarkan, dan dipengaruhi oleh faktor-faktor lain, yakni jarak peserta ke pemancar, tinggi antena dan gangguan selama perambatan.

Pada biasanya Antena yang dibikin dari materi konduktor, dengan ukuran dan bentuk yang dibentuk sedemikian rupa, sehingga memiliki pola tertentu, dan sanggup berfungsi menangkap dan atau memancarkan sinyal radio.

Berbicara wacana Parameter Antena yang didalam mempelajari struktur suatu antena, umumnya  mengenal beberapa perumpamaan yang sungguh erat kaitannya dalam penyeleksian dan penggunaan suatu antena diantaranya merupakan :

Panjang Antena : Biasanya Panjang Fisik antena sanggup dijumlah menurut panjang gelombang atau Lamda frekuensi kerja pesawat yang menggunakan antena tersebut. Panjang gelombang dijumlah dalam satuan meter atau feet.

Rumus Panjang Antena diperoleh dari kecepatan rambat gelombang radio diruang bebas yakni 299,793,097 meter dan dibulatkan menjadi 300 meter per detik, atau 983,573, 087 feet per detik, yang dijumlah jarak antar cycle atau periode. Oleh alasannya itu bila kita ingin menjumlah panjang suatu sanggup pribadi menggunakan rumus setengah panjang gelombang.

Sehubungan adanya perbedaan kecepatan rambat gelombang radio diudara dengan penghantar atau conductor maka dalam menjumlah panjang fisik antena maka masih mesti kita minimalkan aspek kependekannya , sebesar ± 5%

Dengan adanya perbedaan pengarahan antena muncul perbedaan intensitas penerimaan pada suatu titik. Gain antena menggambarkan seberapa baik suatu antena memancarkan energi RF nya dan seberapa besar lengan berkuasa intenitas penerimaan pada suatu titik dari antena tersebut. Dengan kata lain antena yang radiasinya terarah akan memiliki aspek penguatan yang condong lebih baik dibanding yang omnidirectional.


Beberapa Bahan Bekas perlu kita kumpulkan merupakan sbb :

    Peralon kecil berdiameter 1/4 inch, dengan panjang 50 cm untuk bab Boom antenanya
    Beberapa Meter Kawat Tembaga atau kuningan berdiameter 2,5 mm atau bisa pakai yang  2 mm
    PCB polos
    Box sambungan kabel telpon rumah ( cari yang bekas di tukang loak )
    2 buah sekrup atau baut
    10 Meter Kabel Coaxial 50 Ohm Type RG 58
    Lem Korea / Alteco
    Siapkan Juga Alat-alat untuk pengerjaannya  seumpama solder, timah solder, tang potong ,obeng, pisau
    Cuter dll


Kita akan coba cara memperkuat sinyal modem atau ponsel pandai dengan antena yagi bikinan kita sendiri, sinyal yang mau kita tangkap merupakan pada Frekwensi 1900 Mhz.

Beberapa Bahan - materi Bekas perlu kita kumpulkan merupakan sbb :

    Alumunium holow berdiameter kecil, dengan panjang 50 cm untuk bab Boom antenanya
    Beberapa Meter Kawat Tembaga atau kuningan berdiameter 2,5 mm atau bisa pakai yang  2 mm
    PCB polos
    Box sambungan kabel telpon rumah ( cari yang bekas di tukang loak )
    2 buah sekrup atau baut
    10 Meter Kabel Coaxial 50 Ohm Type RG 58
    Lem Korea / Alteco
    Siapkan Juga Alat-alat untuk pengerjaannya  seumpama solder, timah solder, tang potong ,obeng, pisau
    Cuter dll


Proses mulanya kita bisa potong-potong kawat tembaga untuk elemen antena dengan panjang setiap elemen sesuai ukuran  kira – kira 4cm = dua, 4,5cm = satu, 5cm = dua, 6cm = tiga  dan kemudian kita potong lagi kawat tembaga untuk Reflektornya dengan panjang 11cm

Proses selanjutnya kita akan bikin terminal antenanya dengan cara selaku berikut:

Potonglah kawat tembaga dengan panjang 3,5cm sebanyak dua buah, ini untuk elemen terminal a dan b
Sebelumnya Potong PCBnya  sesuai ukuran dalam Box sambungan telpon, alasannya PCB tersebut nantinya akan di tutup oleh Box sambungan telpon mudah-mudahan terlindung dari guyuran air hujan.

Langkah selanjutnya buatlah dua buah titik a dan b pada PCB, dua buah titik ini kita buat kotak sama sisi 0,5cm dengan celah antara dua titik selebar 0,5cm. Untuk bikin dua titik ini kita bisa menggunakan dengan pisau cuter, lempengan tembaga pada PCB selain dua titik kita kupas saja semua, jadi lempengan tembaga yang tersisa pada PC cuma untuk dua titik a dan b saja.  janga lupa buatlah dua buah lubang untuk sekrup pada PCB, ini untuk memadukan bab PCB pada Boom antenanya

Kemudian solder dua buah elemen a dan b yang masing berskala 3,5cm pada dua titik di PCB yang sudah di buat tadi, sehingga bila kita ukur dari ujung elemen terminal a ke ujung elemen terminal b akan menciptakan panjang 7,5cm, alasannya 3,5cm + 3,5cm = 7cm ditambah celah dua titik yang berjarak 0,5cm.


Langkah Berikutnya anda dapat siapkan kabel Coaxial 50 ohm type RG 58, kemudian kupas ujungnya untuk disolderkan ke dua buah titik di PCB terminal.

Langkah Berikutnya kita tinggal menyusun elemen-elemen antena pada Boom, Pertama – tama kita buat lubang-lubang untuk elemen pada Boom, dimana bab Boom antenanya tersebut bisa  menggunakan peralon berdiameter 1/4 inch dengan panjang kurang lebih 50cm.  Kenudian masukan tiap elemen pada lubangnya sesuai ukuran pada gambar untuk penempatan tiap elemennya. Setelah semua tersusun. Maka selanjutnya kita bisa lem menggunakan lem korea atau Alteco, mudah-mudahan posisinya tidak lagi bergeser dan terlepas dari bab peralonnya.

Setelah selesai Tutuplah bab PCB terminal dengan Box sambungan telpon dan lem, nah untuk bab antenanya sudah selesai., kini saatnya kita buat bab untuk induksinya, alasannya induksi ini yang mau bersinggungan pribadi dengan Hape atau modem kita nantinya

Ada dua cara untuk bikin induksi,  kita bisa bikin liltan yang kita buat pas melilit ke modem, atau dapat juga dengan bikin induksi dari PCB, Caranya Lilitkanlah kawat tembaga pada modem sebanyak 5 lilit usahakan jangan terlalu kencang dan juga jangan terlalu longgar, hal  ini untuk mencetak lilitan saja mudah-mudahan nantinya bisa keluar masuk, kemudian Kupaslah ujung kabel Coaxial yang ujung satunya lagi sudah terhubung ke antena tadi, dan solder ke inner dan outer lilitan induksi tadi.





Langkah Terakhir saatnya kita pasangkan antenanya, kita bisa pakai tiang apa saja dan tidak usah terlalu tinggi, asal melalui genteng rumah tetangga saja sudah cukup, bila terlalu tinggi riskan kena samber petir ! Langkah Terkahir Pasanglah lilitan induksi yang sudah dibentuk tadi pada Hape dengan cara memasukan lilitan modem atau hape kita, dan kemudian aktifkan, Tralaaaa sinyal Internet di Hape atau modem anda sudah full, silahkan di nikmati ya guy’s !


->  BERIKUTNYA ->



Untuk Informasi kwalitas, harga materi - materi serta referensi - referensi produk penguat sinyal internet atau komponen untuk membangun suatu penguat sinyal internet yang lebih mutakhir di jaman kini ini, maka kita bisa cari informasinya dengan cara --->

 utamanya bagi kita yang tinggal di pelosok tempat dan jauh dari jangkauan Menara BTS Cara Membuat Alat Penguat Sinyal Internet Sederhana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel