Planet Mars Nampak Terang Dari Bumi Hari Ini 30 Mei 2016

Planet MARS nampak terang dari bumi hari ini 30 mei 2016. Planet Mars akan berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi pada hari ini, Senin (30/5/2016). Dalam waktu 11 tahun terakhir, jarak sang Planet Merah hanya akan berkisar 75,3 juta kilometer dari Bumi.

Kita akan dapat melihat penampakan Mars dengan sangat terang di malam hari. Bahkan, dalam waktu dua ahad ke depan masih ada kesempatan di mana Planet Merah tersebut dapat dilihat dengan mata telanjang.

Seperti yang dilansir Mirror dari Manchester Evening News Reports, Mars sekarang berada dalam posisi “Celestial Triangle” di mana bersamaan dengan posisi Planet Saturnus dan bintang raksasa Antares.

Robin Scagell Vice President of Society for Popular Astronomy mengatakan, ini merupakan kesempatan langka bagi insan untuk menyaksikan penampakan Mars secara bersahabat dan terang dari Bumi.

“Dalam waktu 11 tahun terakhir, Mars dapat dilihat sangat jelas. Jauh sebelum Planet Merah datang di posisi terdekatnya dengan Bumi, aku sudah mengobservasi dengan teleskop lima inci milik saya. Mars tampak besar di langit dan benar-benar merah,” dia menjelaskan.

“Jika Anda memang berniat untuk melihatnya secara detail, Anda harus memakai teleskop dengan fitur magnification 75 sampai 100 kali. Waktu terbaik untuk melihatnya yakni pada pukul 1 dini hari,” tambahnya.

Jika beruntung, lanjut Scagell, Anda dapat menyaksikan penampakan Planet Saturnus yang berada di sebelah Mars.

“Saturnus akan tampak lebih kuning. Ketika kedua planet itu bersinar di tengah gelapnya malam, Antares justru tidak bersinar terang. Ia hanya berpendar dan membentuk potongan cahaya di tengah-tengah atmosfer,” tutur Scagell memaparkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel