10 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Dapat Dibuka

Cara jitu mengatasi google play store tidak sanggup dibuka di Android sanggup dilakukan dengan trik yang gampang ini. Aplikasi google play store merupakan salah satu aplikasi yang sangat essential didalam smartphone Android alasannya yakni dari sanalah kita sanggup memasang dan memperbarui aplikasi. Namun tak sedikit para pengguna yang menghadapi hambatan yakni kenapa play store tidak sanggup dibuka? Padahal sebelumnya aplikasi ini berjalan dengan lancar.

Penyebab Play Store Tidak Bisa Dibuka di Android

Penyebab play store tidak sanggup dibuka akan berbeda antara Anda dan pengguna lainnya. Hal ini juga berkaitan dengan tingkatan versi Android OS yang Anda gunakan. Beberapa keterangan akan muncul ketika hal ini terjadi contohnya “sayangnya, google play store telah berhenti” atau “unfortunately, google play store has stopped” namun juga tidak terbatas. Yang pada akhirnya, aplikasi tersebut akan force close dan menutup sendiri. Berikut ini yakni beberapa pemberitahuan yang sering muncul ketika play store tidak sanggup dibuka:
  • Play store force close
  • Play store server error
  • Kesalahan ketika mengambil informasi pada server
  • Play store dibutuhkan autentikasi
  • Play store no connections
  • Layanan google play telah berhenti
  • Play store can’t be installed
  • Play store can’t be download app

Cara jitu mengatasi google play store tidak sanggup dibuka 10 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Android

Bagi Anda para pengguna smartphone yang bersistem operasi Android menyerupai dari Samsung Galaxy, Xiaomi, ASUS Zenfone, Oppo, Advan, Andromax dan brand lainnya sudah tentu harus mengetahui solusi play store tidak sanggup dibuka ini. Trik yang akan saya jelaskan ini pun sanggup mengatasi play store tidak sanggup download dan beberapa error lainnya.
1. Matikan Android Kemudian Lepaskan Baterai dan Micro SD.
Sebelum Anda melaksanakan tindakan lain, cara memperbaiki play store tidak sanggup dibuka yang pertama yakni dengan mematikan smartphone Android kemudian lepaskan baterai & Micro SD. Biarkan selama 10 detik semoga chipset tidak mendapatkan daya dari baterai kemudian hidupkan dan pasangkan kembali.
2. Bersihkan Cache Aplikasi Play Store.
Cara mengatasi play store tidak sanggup dibuka yang kedua yakni dengan menghapus riwayat dan cache yang tersimpan di aplikasi Play store dan smartphone itu sendiri. Anda sanggup memakai aplikasi Clean Master atau membersihkannya secara manual melalui Pengaturan » Manajer Aplikasi » Play store kemudian tap tombol Clear Cache.
Cara jitu mengatasi google play store tidak sanggup dibuka 10 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka
3. Paksa Berhenti dan Hapus Data Aplikasi Play Store.
Aplikasi play store akan terus berjalan pada background untuk memonitor tasking yang sedang kita lakukan termasuk ketika ada update aplikasi yang tersedia. Dengan memaksanya berhenti dan menghapus data yang tersimpan, maka kita mereset aplikasi google play store kembali ke awal. Caranya tap Pengaturan » Manajer Aplikasi » Play store kemudian tap tombol Force stop dan Clear Data. Hal ini pun akan menciptakan akun google Anda log out dan harus log in kembali.
4. Update Aplikasi Play Store.
Sangat penting untuk selalu memakai aplikasi yang selalu up to date terutama aplikasi default atau bawaan dari Google. Pastikan aplikas gogle play store selalu pada versi terkahir untuk mendapatakan performa dan kinerja yang lebih baik. Termasuk dari sisi keamana dan bug fixing. Anda sanggup memperbarui aplikasi play store secara manual dengan mengikuti tutorial berikut ini Cara Install Ulang Google Play Store Yang Terhapus.
5. Uninstall Update Aplikasi Play Store.
Jika ternyata persoalan google play store tidak sanggup dibuka sehabis Anda melaksanakan update, maka sudah tentu harus mengembalikannya ke versi sebelumnya. Hal ini sanggup terjadi alasannya yakni aplikasi play store tidak kompatibel denga versi Android yang terpasang di smartphone Anda. Caranya Settings » Application Manager » Play store kemudian tap Force Stop dan Uninstall Udates.
6. Log out dan Log in akun Gogle.
Cara jitu mengatasi google play store tidak sanggup dibuka 10 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Dibuka

Untuk mereset kembali preferensi akun yang sedang dipakai pada aplikasi play store, Anda sanggup melaksanakan log out dan log in akun google dari smartphone tersebut. Caranya tap Settings » Accounts » Google kemudian pilih akun yang digunakan. Pada tampilan Sync settings, tap sajian disudut atas kemudian tap Remove account. Matikan smartphone kemudian log in kembali dari pengaturan tersebut dengan cara tap Add account.
7. Gunakan akun Google Baru.
Salah satu cara memperbaiki play store tidak sanggup dipakai berikutnya yakni dengan memakai akun google gres di smarthphone Android tersebut. Caranya sanggup melalui Pengaturan » Akun » Tambahkan akun. Setelah berhasil menciptakan akun baru, kini buka aplikasi play store dan pilih akun yang gres saja dipakai untuk memasang aplikasi.
8. Gunakan Koneksi Internet Berbeda (Paket Data/Wifi).
Jaingan atau koneksi internet yang lambat juga besar lengan berkuasa terhadap play store tidak berfungsi yang biasanya muncul keterangan play store no connection atau tidak ada sambungan. Anda sanggup melaksanakan On-Off terhadap paket data atau gunakan koneksi internet melalui WiFi. Sebagai tambahan, Anda sanggup membaca tutorial 6 Cara Mengatasi Play Store Tidak Ada Sambungan.
9. Tutup Aplikasi Lain.
Salah satu penyebab google play store tidak bisa dibuka yakni RAM penuh alasannya yakni dipakai oleh banyak aplikasi lain yang berjalan pada background. Yang akhirnya, aplikasi play store sendiri kekurangan jatah ketika kita ingin menggunakannya. Tutup aplikasilain melalui task manager atau recent app.
10. Factory Reset Android.
Pilihan terakhir cara memperbaiki play store yang rusak yakni dengan mengembalikan smartphone kembali ke pengaturan pabrik. Salah satu fungsi dari factory reset yakni untuk memperbaiki banyak sekali error yang terjadi di smartphone termasuk aplikasi play store tidak sanggup dibuka. Caranya, tap Settings » Backup and reset » Factory data reset kemudian tap tombol Reset Device.

Kesimpulannya, cara diatas yakni langkah yang biasa saya lakukan untuk mengatasi play store tidak sanggup dibuka. Jika Anda masih mengalami hambatan atau muncul pemberitahuan aplikasi play store error lainnya, silahkan berkomentar.
Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel