2 Cara Nonaktifkan Icon Gembok (Sensor Proximity) Ketika Nelpon

Cara menonaktifkan icon gembok ketika nelpon dapat dilakukan dengan sangat mudah. Bagi pengguna smartphone Android, ketika melaksanakan panggilan telepon keluar biasanya akan mengalami hal ini. Layar tiba-tiba berwarna hitam atau mati yang balasannya terkunci sampai muncul sebuah icon gembok. Padahal ketika itu kita sama sekali tidak menguncinya. Dan terkadang hal ini akan menciptakan pengguna merasa kesulitan untuk menghidupkannya kembali. Lalu apa sih tujuan fitur ini?

Smartphone Android dibekali dengan sensor proximity. Yang mana sensor ini akan bekerja secara otomatis untuk mengunci layar Android ketika kita mendekatkannya pada pendengaran dari jarak tertentu. Tujuan utamanya yaitu supaya pengguna terfokus pada tasking ketika menelpon dan tidak akan menyentuh layar secara tidak sengaja yang balasannya menciptakan telpon terputus. Bagi Anda yang kurang begitu menyukai dengan fitur ini, saya akan memperlihatkan bagaimana cara menonaktifkan icon gembok ketika nelpon tersebut supaya layar smartphone tetap hidup.

Cara menonaktifkan icon gembok ketika nelpon 2 Cara Nonaktifkan Icon Gembok (Sensor proximity) Saat Nelpon

Cara Menonaktifkan Sensor Proximity Saat Nelpon di Android

Sensor proximity biasanya terletak pada bab atas smartphone yang berdekatan pribadi dengan speaker kecil atau berada di garis yang sejajar dengan kamera depan. Ketika kita mulai mendekatkannya pada telinga, layar akan terkunci yang dibarengi dengan icon gembok kemudian muncul keterangan “sentuh dua kali untuk buka kunci”. Pada tutorial ini, saya akan memperlihatkan dua cara bagaimana cara menonaktifkan kunci layar ketika nelpon ini.

1. Menonaktifkan Sensor Proximity Dari Pengaturan Panggilan.
Untuk cara yang pertama ini, kita dapat nonaktifkannya melalui pengaturan. Tetapi tidak semua smartphone Android sudah dibekali fitur ini. Hanya smartphone Android dengan versi 5.0.2 Lollipop atau tergantung dari brand smartphone itu sendiri. Caranya menyerupai pada gambar diatas, tap Pengaturan » Pengaturan Panggilan » gulirkan kebawah kemudian pilih Aktifkan Sensor Proximity dan swife supaya tombol tidak berwarna biru atau aktif.

2. Menonaktifkan Icon Gembok Saat Nelpon (sensor proximity) Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga.
Jika smartphone Anda tidak dibekali dengan pengaturan menyerupai cara pertama, maka dapat memakai aplikasi Smart Screen On Off sebagai alternatifnya. Aplikasi ini dikembangkan oleh Suriv yang mempunyai fitur untuk menonaktifkan sensor proximity. Untuk memakai aplikasi ini, Anda harus memperlihatkan hak susukan Device Administrator didalam pengaturan Android. Caranya:
  • Download aplikasi Smart Screen On Off dari Play Store.
  • Buka aplikasi tersebut kemudian berikan hak susukan Device Administrator.
  • Setelah memperlihatkan hak akses, Anda gres dapat memakai aplikasi ini.
  • Gulirkan kebawah kemudian pilih Sensor Proximity ON/OFF berupa tombol.
  • Disini, Anda dapat mengatur jeda atau seberapa banyak sentuhan layar yang diharapkan ketika sensor ini aktif dan mengunci layar.

Kesimpulannya, cara menonaktifkan icon gembok ketika nelpon terletak pada aktif atau tidaknya penggunaan sensor. Anda dapat menonaktifkan sensor proximity memakai pengaturan panggilan atau dengan aplikasi pihak ketiga.
Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel